Penyakit Ambeien: Penyebab, Gejala, Dan Pengobatan

Seperti Apa sih Penyakit Ambeien Itu? Pada awal kemunculannya, ditandai dengan adanya rasa nyeri di anus dan pendarahan setelah BAB. Ada juga yang di ikuti dengan keluarnya tonjolan lunak dari dalam anus setelah selesai buang air besar.

Penyakit ambeien seringkali membuat penderitanya tidak nyaman, merasa risih dan sangat terganggu dengan keberadaannya. Terutama ketika menjalani aktifitas kerja yang di haruskan banyak duduk di kursi, pastilah sangat-sangat tidak nyaman. Aktifitas lainnya yang dapat memicu penyakit ambeien bertambah parah yaitu angkat beban berat, jika itu pekerjaan seperti kuli panggul dan lain-lain.

Penyakit Ambeien_Grosir Obat Ambeien

Pengertian Penyakit Ambeien (Ambeyen) : Gejala, Dan Penyebab

Penyakit Ambeien (ambeyen) adalah kondisi patologis membengkak atau meradangnya Hemorrhoid, struktur vaskular dalam saluran anus yang membantu kontrol buang air besar. Dalam kondisi fisiologisnya, bagian ini bertindak sebagai bantalan yang tersusun atas saluran arterio-vena dan jaringan ikat.

Gejala patologis penyakit ambeien bergantung pada jenisnya. Penyakit ambeien internal biasanya timbul bersama perdarahan rektum tanpa rasa nyeri, sedangkan penyakit ambeien eksternal dapat menunjukkan beberapa gejala atau jika terkena trombosis akan ada nyeri signifikan dan pembengkakan di area anus. Banyak orang secara keliru menganggap semua gejala yang muncul di sekitar area anus dan rektum sebagai “ambeien” dan bahwa penyebab serius gejala tersebut harus disingkirkan. Sementara penyebab penyakit ambeien yang sesungguhnya belum diketahui, sejumlah faktor yang meningkatkan tekanan intra-abdomen, khususnya konstipasi, dipercaya mempunyai andil dalam perkembangan kondisi ini.

Perawatan awal untuk penyakit yang ringan hingga sedang meliputi peningkatan konsumsi serat, cairan oral untuk menjaga hidrasi, NSAID untuk membantu mengatasi nyeri, dan istirahat. Beberapa prosedur kecil dapat dilakukan jika gejalanya parah atau tidak membaik dengan penanganan konservatif. Pembedahan dibatasi hanya untuk pasien yang tidak membaik setelah berbagai tindakan tersebut dilakukan. Setengah dari seluruh populasi dapat mengalami ambeien suatu saat di dalam hidupnya. Hasil akhirnya biasanya baik.( Sumber:Wikipedia.org)

Gejala dan Tanda

Ambeien internal dan eksternal dapat muncul berbeda; namun, banyak orang dapat mengalami keduanya. Jarang dijumpai perdarahan yang signifikan hingga menyebabkan anemia, dan lebih jarang lagi perdarahan yang mengancam nyawa. Banyak orang merasa malu ketika menghadapi masalah ini dan biasanya baru mencari perawatan medis ketika kasusnya sudah lanjut.

Ambeien Eksternal

Jika tidak terkena trombosis, ambeien eksternal dapat menyebabkan beberapa masalah. Namun, jika terkena trombosis, ambeien dapat sangat menyakitkan. Namun, nyeri ini biasanya hilang dalam 2 – 3 hari. Sedangkan pembengkakannya memerlukan beberapa minggu untuk hilang. Dapat tersisa suatu akrokordon setelah sembuh. Jika ambeien besar dan menimbulkan masalah higiene, kondisi ini dapat menimbulkan iritasi pada kulit di sekelilingnya dan gatal di sekitar anus.

Ambeien Internal

Ambeien internal biasanya muncul tanpa nyeri, perdarahan dari rektum berwarna merah terang selama atau setelah buang air besar. Darahnya biasanya menutupi feses, kondisi yang dikenal sebagai hematokezia, ada pada kertas toilet, atau menetes ke dalam kloset. Fesesnya sendiri biasanya berwarna normal. Gejala lain di antaranya dapat berupa keluarnya lendir, massa di sekitar anus jika lendir ini turun ke anus, gatal pada anus, dan inkontinensia feses. Ambeien internal biasanya hanya terasa sakit jika terjadi trombosis atau nekrosis.

Penyebab

Penyebab sesungguhnya dari ambeien yang bergejala tidak diketahui dengan jelas. Sejumlah faktor dipercaya turut berperan termasuk: kebiasaan buang air besar yang tidak teratur (konstipasi atau diare), kurang olah raga, faktor nutrisi (diet rendah serat), peningkatan tekanan intra-abdomen (kembung berkepanjangan, ascitis, adanya massa intra-abdomen, atau kehamilan), genetik, tidak adanya katup di dalam pembuluh-pembuluh hemoroid, dan usia lanjut. Faktor lain yang diduga meningkatkan risikonya termasuk obesitas, duduk dalam jangka waktu lama, batuk kronik, dan gangguan fungsi dasar panggul. Namun, sangat sedikit bukti mengenai keterkaitan ini.

Selama kehamilan, tekanan dari fetus pada abdomen dan perubahan hormonal menyebabkan pembuluh hemoroid membesar. Proses melahirkan juga menyebabkan peningkatan tekanan intra-abdomen. Wanita hamil jarang memerlukan pembedahan, karena gejalanya biasanya hilang setelah melahirkan. ( Baca juga Artikel tentang penyebab ambeien )

Patofisiologi

Bantalan hemoroid merupakan bagian normal anatomi manusia dan menjadi penyakit patologis hanya ketika bagian ini mengalami perubahan abnormal. Terdapat tiga bantalan utama dalam saluran anus normal. Biasanya bantalan ini terletak di posisi lateral kiri, anterior kanan, dan posterior kanan. Semuanya tidak tersusun atas arteri atau vena tetapi pembuluh darah yang disebut sinusoid, jaringan ikat, dan otot polos. Sinusoid tidak mempunyai jaringan otot di dindingnya, seperti yang ada pada vena. Kelompok pembuluh darah ini dikenal sebagai pleksus hemoroid.

Bantalan hemoroid penting untuk kontinensia. Bagian ini berperan dalam memberikan 15–20% tekanan penutupan anus saat istirahat dan melindungi otot sfingter ani selama pengeluaran kotoran. Ketika seseorang mengejan, tekanan intra-abdomen meningkat, dan bantalan hemoroid membesar membantu mempertahankan agar anus tetap tertutup. Dipercaya bahwa gejala ambeien terjadi ketika struktur vaskuler ini turun ke bawah atau ketika tekanan vena meningkat secara berlebihan. Peningkatan tekanan sfingter ani juga dapat berperan dalam gejala ambeien. Ada dua jenis gejala penyakit ambeien yang dapat timbul: internal dari pleksus hemoroid superior dan eksternal dari pleksus hemoroid inferior. Garis dentata membagi kedua daerah tersebut.

Diagnosis

Ambeien biasanya didiagnosis melalui pemeriksaan fisik. Pemeriksaan visual pada anus dan area sekitarnya dapat mendiagnosis ambeien eksternal atau prolaps. Colok dubur dapat dilakukan untuk mendeteksi kemungkinan adanya tumor rektal, polip, pembesaran prostat, atau adanya abses. Pemeriksaan ini mungkin tidak dapat dilakukan tanpa sedasi yang sesuai karena nyeri yang timbul, walaupun kebanyakan ambeien internal tidak menyebabkan nyeri. Konfirmasi visual ambeien internal mungkin perlu dilakukan dengan anoskopi, suatu alat berbentuk tabung berlubang yang dilengkapi lampu pada satu sisinya. Terdapat dua jenis ambeien: eksternal dan internal. Kedua jenis ini dibedakan atas posisinya relatif terhadap garis dentata. Beberapa orang tertentu dapat menunjukkan versi simtomatis keduanya. Jika disertai nyeri, kondisinya lebih menyerupai fisura ani atau ambeien eksternal dan bukan ambeien internal.( Sumber:Wikipedia.org)

Internal

Tingkatan penyakit ambeien internalAmbeien internal adalah jenis yang timbul di atas garis dentata. Jenis ini tertutup oleh epitel kolumnar yang tidak mempunyai reseptor nyeri. Jenis ini dikelompokkan pada tahun 1985 ke dalam empat tingkat berdasarkan derajat prolaps.

1. Tingkat I: Tanpa prolaps. Hanya penonjolan pembuluh darah.

2. Tingkat II: Prolaps ketika mengejan tetapi berkurang secara spontan.

3. Tingkat III: Prolaps ketika mengejan dan perlu didorong kembali secara manual.

4. Tingkat IV: Prolaps dan tidak dapat didorong kembali secara manual.

Eksternal

Ambeien eksternal adalah jenis yang timbul di bawah dentata atau garis pektinatus. Ambeien ini terliputi di dekatnya oleh anoderma dan di sisi jauhnya oleh kulit, keduanya sensitif terhadap nyeri dan suhu.

Diagnosis Banding

Banyak masalah anorektal, termasuk fisura, fistula, abses, kanker kolorektal, varises rektal dan gatal-gatal mempunyai gejala serupa dan dapat secara keliru dianggap ambeien. Perdarahan melalui rektum juga dapat terjadi karena kanker kolorektal, kolitis termasuk penyakit radang usus, penyakit divertikular, dan angiodisplasia. Jika ada anemia, penyebab potensial lainnya harus dipertimbangkan.

Kondisi lain yang menyebabkan terjadinya massa pada anus termasuk: akrokordon, kutil pada anus, prolaps rektum, polip, dan pembesaran papilla anus. Varises anorektal akibat peningkatan hipertensi portal (tekanan darah dalam sistem vena portal) dapat timbul menyerupai ambeien tetapi merupakan kondisi yang berbeda.

Pengobatan Penyakit Ambeien

Hemoroidektomi

Operasi pengangkatan wasir. Biasanya dilakukan dengan bius umum. Anda akan tertidur dan tidak merasa kesakitan saat pengangkatan. Hemoroidektomi konvensional melibatkan pembukaan kecil dari anus. Ini berfungsi untuk memotong wasir. Anda butuh istirahat kurang lebih tujuh hari untuk pulih kembali.

Stapled hemorrhoidopexy

Juga dikenal dengan istilah stapling. Ini adalah pilihan lain selain hemoroidektomi konvensional. Prosedur ini dilakukan untuk menangani wasir yang menggantung di luar anus. Langkah ini dilakukan dengan pembiusan umum, tapi prosedur ini jarang dilakukan karena memiliki risiko komplikasi yang serius.

Ligasi Arteri Hemoroid

Operasi untuk mengurangi aliran darah ke wasir Anda. Biasanya dilakukan dengan pembiusan umum. Prosedur ini melibatkan memasukkan alat pemeriksa ultrasonografi kecil ke dalam anus. Alat ini menghasilkan gelombang suara yang tinggi, gelombang inilah yang membantu dokter bedah menemukan lokasi pembuluh darah yang membengkak di dalam dan sekitar anus Anda. Pembuluh darah inilah yang memasok darah ke wasir Anda.

Tomat

Obat ambeien tradisional Tomat merupakan Obat yang sejak dulu telah dipercaya memiliki kasiat yang manjur untuk melawan ambeien. Untuk membuatnya sangatlah mudah, silahkan ikuti langkah berikut untuk pengobatan ambeien tanpa operasi:

Bahan:

  • 2-3 buah tomat matang sempurna ukuran sedang
  • Minyak kelapa secukupnya (sesuaikan dengan banyak tomat)
  • Cara pembuatan dan pemakainan:
  • Cuci bersih semua buah tomat kemudian potong menjadi bagian – bagian kecil
  • Setelah itu hancurkan dengan menggerusnya atau memblendernya
  • Tambahkan minyak kelapa dan aduk hingga tercampur rata. diamkan sekitar 10 menit
    saring dengan menggunakan kain bersih
  • Oleskan pada bagian ambeien secara perlahan

Obat Penyakit Ambeien Ambejoss

Golongan Obat Alamiah
Kategori Obat Obat ambeien tradisional
Khasiat dan Manfaat obat
  • Meringankan nyeri ambeien
  • Menghentikan pendarahan setelah BAB
  • Mengatasi sembelit
  • Menghilangkan benjolan ambeien luar dengan mengempis
  • Melancarkan BAB
Dikonsumsi oleh Dewasa dan anak-anak
Komposisi obat Daun ungu, Mahkota dewa, Kunyit putih
Harga obat Rp 175.000,- @Botol isi 50 kapsul
Aturan pakai Obat di minum 3 kali sehari 1 jam sebelum makan, Dosis:

  • Anak-anak 1 kapsul 3 kali sehari
  • Dewasa 2 kapsul 3 kali sehari
Ijin Edar / POM POM TR163395051
Di Produksi oleh CV DE NATURE INDONESIA – Kab. Cilacap, Jawa Tengah

Kunyit Putih

Tips cara membuat obat ambeien tradisional yang ampuh dengan bahan dari tanaman kunyit putih, dapat anda lakukan sendiri di rumah. Caranya:

  • Bersihkan kunyit putih kemudian dipotong-potong.
  • Rebus dengan 500 cc air hingga air rebusan tinggal separuhnya.
  • Saring air rebusan kunyit putih.
  • Selagi masih hangat tambahkan madu lalu minum Untuk satu kali minum 50 cc,
    diminum 2 kali sehari secara rutin.

Cocor Bebek

Cara membuat ramuan obat ambeien tradisional YANG AMPUH dari daun tanaman cocor bebek sebagai berikut:

  • Tumbuklah hingga halus daun cocor bebek secukupnya, kurang lebih 3 helai
  • Keringkan hingga sebagaimana bubuk teh
  • Lalu, ambil 1 sdt bubuk itu lalu campur dengan 1 sdt madu
  • Seduhlah dengan air panas

Bawang Putih

Cara memanfaatkan bawang putih sebagai obat ambeien Tradisional yang ampuh cukup mudah, yaitu:

  • Ambil bawang putih satu atau dua butir bawang putih lalu tumbuh sampai benar-benar halus
  • Campurkan dengan air panas dan aduk sampai merata.
    Siapkan kain atau saringan halus, dan saring campuran air putih dengan bawang putih tadi.
  • Oleskan setiap hari diarea benjolan ambeien diusahakan sehabis BAB, karena sehabis BAB benjolan ambeien posisi keluar. Oleskan ramuan tadi setiap hari dengan dibarengi konsumsi air putih secara rutin, niscaya ambeien akan perlahan mengecil dan lama-lama akan hilang.
  • Harap dicatat : gunakan secara teratur kalau benar-benar ingin sembuh, kalau tidak teratur jangan harap bisa sembuh total dari penyakit ambeien.

Lidah Buaya

Untuk mendapatkan manfaat lidah buaya sebagai obat ambeien tradisional yang ampuh, anda bisa membuatnya sendiri di rumah dengan memanfaatkan bagian daun dari tanaman lidah buaya yang didalamnya mengandung gel.

Cara membuat ramuannya yaitu :

  • Siapkan satu buah daun lidah buaya, potong sedikit bagian pangkal dan ujungnya.
  • Cuci Bersih, lalu parut
  • Saring daun lidah buaya yang sudah diparut menggunakan saringan kecil kedalam gelas ukuran sedang. Tekan menggunakan sendok agar cairan gel turun.
  • Tambahkan madu ± 2 sendok makan.
  • Tambahkan juga air putih matang ± 1/3 dari ukuran gelas.
  • Minum ramuan tersebut sehari satu kali, lakukan hingga penyakit ambeien anda sembuh.

Daun Binahong

Tips membuat obat ambeien tradisional yang ampuh dengan memanfaatkan daun binahong. Untuk mengobati ambeien secara alami, bisa anda lakukan sendiri dirumah. Caranya:

  • Ambil 16 lembar daun binahong yang masih segar, kemudian bersihkan
  • Tambahkan air sebanyak 3 gelas lalu di rebus sampai tersisa 2 gelas.
  • Saring kemudian minum ketika masih hangat 1 kali sehari.
  • Lakukan secara rutin sampai ambeien anda sembuh.

Daun Sirsak

Mengolah daun sirsak dari tanaman sirsak menjadi obat ambeien TRADISIONAL ada tiga cara yaitu:

1. Direbus

Untuk pengolahan ramuan obat ambeien tradisional daun sirsak dengan cara direbus, Anda bisa siapkan 10-15 lembar daun sirsak. Cuci bersih terlebih dahulu dengan air mengalir. Panaskan air sebanyak 600 cc (3 gelas) di atas api kecil, lalu masukkan daun sirsak, kemudian tunggu hingga menguap dan tersisa air rebusan sebanyak 1 gelas.

Menurut Stefanus dan Darmawan Tri Wibowo, ahli budidaya tanaman sirsak dari Taman Wisata Mekarsari, ada baiknya Anda merebus dengan menggunakan kendi atau panci yang terbuat dari tanah liat agar kemurnian zat yang ada pada daun sirsak tetap terjaga. Setelah tersisa hingga 1 gelas, saring air rebusan tersebut hingga tidak ada remah-remah daun sirsak di dalam air. Minumlah selagi hangat secara rutin 3-4 kali sehari, saat pagi, siang, sore dan malam. Metode merebus daun sirsak ini cocok untuk pengobatan penyakit ambeien yang sudah parah.

2. Dikeringkan

Selain dengan cara direbus, Anda juga bisa mengolah untuk membuat obat ambeien tradisional dari daun sirsak dengan cara dikeringkan. Daun sirsak kering memiliki senyawa yang tetap sama dengan daun sirsak biasa karena yang berkurang dalam proses pengeringan hanya kadar airnya.

Jangan lupa cuci daun sirsak terlebih dahulu hingga bersih. Anda bisa mengeringkan daun sirsak di bawah sinar matahari. Agar kandungan senyawa baik di dalam daun sirsak tidak rusak, sebaiknya Anda tutupi daun sirsak dengan kain hitam agar tidak terkena paparan sinar matahari secara langsung.

Setelah daun sirsak kering, Anda bisa merebus daun sirsak tersebut sebanyak 10-15 daun ke dalam 400 cc air (2 gelas) di atas api kecil. Kemudian tunggu hingga menguap dan tersisa 1 gelas air. Minumlah selagi hangat secara rutin untuk mendapatkan manfaat daun sirsak dengan optimal.

3. Diblender atau Ditumbuk

Cara pengolahan daun sirsak ini cocok digunakan untuk mengobati ambeien secara alami. Cara ini sangat efisien, praktis, dan tidak butuh waktu lama. Anda cukup siapkan 3-5 lembar daun sirsak yang sudah dicuci bersih, kemudian tambahkan ¼ gelas air (50 cc) air hangat untuk membantu proses penghancuran. Tutup wadah dengan rapat agar panas tetap terjaga dan proses ekstraksi senyawa dapat maksimal. Setelah itu, balurkan daun sirsak ke kulit yang mengalami keluhan, diamkan sejenak hingga kering, kemudian ulangi hingga daun sirsak tersebut habis. Bila tidak ada blender, pengolahan daun sirsak bisa juga dengan cara ditumbuk atau digerus menggunakan cobek.

Sirih Merah

Memanfaatkan daun sirih merah sebagai obat ambeien TRADISIONAL juga bisa anda lakukan sendiri di rumah. Caranya:

  • Ambil 7 lembar daun sirih lalu cuci bersih dan diiris kecil-kecil.
  • Selanjutnya rebus sirih merah dengan air 3 gelas (600 ml) sampai mendidih hingga tersisa 1 ½ gelas.
  • Setelah disaring dan dingin, minum tiga kali sehari, sekali minum ½ gelas. Bisa
    ditambahkan 2 sendok teh madu murni.

Akar Jeruk Nipis

Bahan-bahan Pembuatan obat penyakit ambeien :

  • Akar jeruk nipis sekitar 15 hingga 25 gram
  • Daun ungu segar 10 hingga 15 gram
  • Cara pembuatan dan pemakaiannya yaitu dengan mencuci kedua bahan tersebut hingga bersih, kemudian rebus kedua bahan dengan 3 gelas air, dan diamkan sampai air hanya tersisa 1 gelas. Dan minumlah obat ambeien ini setengah gelas setiap harinya.

Pegagan

Bahan-bahan Pembuatan :

  • Siapkan 50 gram pegagan segar dengan akarnya
  • Lalu cuci hingga bersih daun pegagan dan akarnya
  • Kemudian rebus dalam 2 gelas air dan diamkan selama 15 menit
  • Jika air rebusan tersebut sudah dingin, maka disaring
  • Dan minumlah air rebusan tadi sekaligus, dan lakukan metode ini setiap hari sampai Penyakit Ambeien anda sembuh .

Ambeven

Bahan utamanya yaitu Daun handeulum atau dikenal juga dengan nama daun wungu atau Graptophyllum pictum sejak dulu sudah dikenal dan digunakan masyarakat untuk mengobati penyakit ambeien. Berdasarkan pengamatan klinis ternyata daun kering atau rebusan daun handeulum dapat menyembuhkan penyakit Ambeien secara tuntas. Ambeven selain mengandung bahan aktif daun handeulum, juga mengandung bahan tradisional lainnya yang bermanfaat untuk mengatasi gejala-gejala yang menyertai penyakit ambeien.

Ardium

Tiap tablet ardium® mengandung micronized flavonoid fraction 500 mg yang setara dengan : Diosmin= 450 mg dan Hesperidin=50 mg.

Ardium memiliki daya kerja khas pada pembuluh-pembuluh kapiler, yaitu meningkatkan daya tahan/resistensi, dan mengurangi permeabilitas. Berkat khasiat-khasiat farmakologinya ardium dapat mengurangi bengkak/edema, rasa nyeri pada tungkai, dan gejala-gejala patologis lainnya yang berhubungan dengan insufisiensi vena yang kronis.

Lanaven

Bahan untuk membuatnya yaitu : lesitin murni 100 mg, ekstrak hipokastan 50mg, ekstrak sitrus kompleks 65 mg

Anjuran bagi penderita penyakit ambeien

  • Berolah ragalah secara teratur
  • Makan dengan teratur
  • BAB dengan teratur. (paling sagat dianjurkan)
  • Perbanyak konsumsi buah dan sayuran.
  • Perbanyak minum air putih.(sangat bermanfaat)
  • Hindari stress
  • Minumlah susu pada waktu sarapan dan makan malam.
  • Segeralah BAB jika ada sinyal mau BAB

Pantangan Penderita penyakit Ambeien

  • Penderita penyakit ambeien tidak boleh makan makanan yang terlalu pedas ataupun panas. Juga tidak boleh mengonsumsi makanan yang berlemak karena makanan berlemak memang memicu terjadinya sembelit. Konsumsilah buah da sayuran serta makanan yang mengandung banyak serta seperti:
    • Roti
    • Gandum
    • Sereal
    • Kacang-kacangan dll
  • Hindari mengonsumsi alkohol dan sering-sering minum air putih dan buah-buahan yang mengandung banyak air untuk menghindari dehidrasi
  • Pantangan penyakit ambeien lainnya adalah penderita tidak boleh menahan atau terlalu tegang ketika buang air besar. Maka perlu buang air besar secara teratur.
  • Mengontrol asupan garam karena kelebihan garam dapat menimbulkan dehirasi yang membuat penyakit ambeien kambuh lagi
  • Pantangan penyakit ambeien lainnya adalah hindari mengonsumsi obat penghilang rasa sakit yang mengandung kodein
  • Olahraga secara runtin untuk membantu mengurangi sembelit dan meningkatkan kekuatan otot serta dapat menjaga berat badan
  • Pantangan penyakit ambeien yang satu ini pasti sudah tahu bahwa penderita penyakit ambeien tidak boleh terlalu lama duduk ataupun berdiri.
  • Tidak boleh terlalu sering mengangkat beban yang berat. Apalagi beban di luar kemampuan kita karena itu bisa menjadi pemicu utama penyakit ambeien untuk kambuh lagi

Jika sudah mengetahui pantangan penyakit ambeien apa sajakah yang harus dipatuhi oleh penderita penyakit ambeien. Ada baiknya hal tersebut terus diperhatikan dan jangan usahakan jangan sampai penyakit ambeien kambuh lagi. Karena penyakit ambeien yang kambuh lagi akan lebih sulit penanganannya dibandingkan sebelumnya.